Pelatihan “singkat” Teknik Kultur Jaringan Tanaman dalam rangka Bio Lab Expo 2017

Pada tanggal 5-7 Spetember 2017, laboratorium Biologi mengadakan kegiatan Bio Lab Expo 2017. Kegiatan ini berupa expo alat maupun berbagai kegiatan praktik yang dilaksanakan di Laboratotium Biologi. Siswa SD, SMP, SMA, serta masyarakat umum dapat berpartisipasi dan ikut serta dalam kegiatan ini tanpa dipungkut biaya sepeserpun.

Dalam kegiatan bio lab expo juga diadakan pelatihan yang dilaksanakan beberap unit Laboratorium guna menjawab rasa keingintahuan lebih detail pengunjung . Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman juga melaksanakan pelatihan “singkat” tentang teknik kultur jaringan tanaman (KJT). Pelatihan ini hanya dilaksanakan beberapa jam saja. Materi yang diberikan juga hanya gambaran umum tentang KJT. Pada pelatihan ini setiap peserta pelatihan dikenakan biaya sebesar 75 ribu rupiah guna mengganti bahan habis pakai. Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 22 orang yang berasal dari Universitas PGRI Semarang dan Guru dari SMA 1 Grobogan. peserta dibagi dalam dua kelompok yaitu pada hari rabu 6 September 2017 dan kelompok hari Kamis 7 September 2017. Masing-masing peserta berkesempatan membawa pulang hasil aklimatisasi berupa tanaman krisan.

Dengan adanya pelatihan singkat ini diharapkan peserta memperoleh gambaran tentang teknik KJT. Apabila peserta berminat ingin mengetahui lebih dalam tentang teknik KJT dapat mengikuti pelatihan reguler oleh Sasana Kultura pada hari-hari di luar Bio Lab Expo.

About the author: Sasana Kultura

Leave a Reply

Your email address will not be published.