SEMINAR DAN PELATIHAN KULTUR JARINGAN TANAMAN OBAT STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN pada 22 Agustus 2019

Pada hari kamis tanggal 22 agustus 2019, 55 orang diantaranya 38 mahasiswa dan 7 dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN mengikuti kegiatan “Seminar dan Pelatihan Kultur Jaringan Tanaman Obat” yang diadakan di Sasana Kultura. Ada dua kegiatan yaitu yang pertama ialah seminar kultur jaringan tanaman obat yang dilaksanakan di Ruang Seminar Gedung D6 lt 3 Jurusan Biologi FMIPA UNNES.

  

Kegiatan yang kedua ialah pelatihan kultur jaringan (One Day Training) yaitu pelatihan kultur jaringan yang dilakukan selama satu hari. Mulai dari pembuatan media, subkultur, sampai aklimatisasi.

Pembuatan Media Kultur

 

Media kultur yang dibuat pada pelatihan kali ini ialah media VW , media yang diformulasikan dan diperkenalkan oleh E. Vacin dan F. Went sejak tahun 1949 ini terdiri dari unsur hara makro dan mikro dalam bentuk garam-garam anorganik dengan jumlah yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman khususnya anggrek.

Sub Kultur

 

Memindahkan tanaman dari media yang lama ke media yang baru, tanaman yang digunakan ialah tanaman anggrek hasil kultur jaringan.

Aklimatisasi

 

Kondisi lingkungan in vitro berbeda dengan kondisi lingkungan alamiah, oleh karena itu planlet membutuhkan kondisi perantara agar stres, kondisi perantara inilah yang disebut aklimatisasi. Dalam kegiatan ini planlet yang digunakan ialah planlet anggrek hasil kultur jaringan.

 

About the author: Sasana Kultura

Leave a Reply

Your email address will not be published.